Sen. Jul 15th, 2024

PONDOK PESANTREN AL-AMIEN PRENDUAN JUARA I MHQ 30 JUZ TINGKAT ASEAN

2 min read

Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan berhasil membawa pulang juara pertama Musabaqah Hifdzul Qur’an (MHQ) 30 Juz tingkat ASEAN dan 30 Juz tingkat Nasional yang diadakan oleh Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta.

MHQ merupakan event tahunan yang tahun ini merupakan MHQ yang ke-V sejak kali pertama digelar oleh Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta pada tahun 2015. MHQ tingkat ASEAN tahun 2019 ini diikuti oleh 39 peserta dari sembilan negara ASEAN (Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Myanmar, Kamboja, Vietnam, dan Brunei Darussalam serta dua negara non-ASEAN Sri Lanka dan Timor Leste).

Dalam kesempatan itu, Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan mengirim dua delegasi Zaffah Haidar (Putra) dan Tiwi Alawiyah (Putri) sebagai bentuk partisipasi dalam acara tersebut. Setelah melalui babak penyisihan yang diikuti oleh 234 peserta dari berbagai pondok pesantren se-Indonesia, delegasi dari Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan berhasil melanjutkan ke babak final.

Dalam hal ini, dua santri/wati yang merupakan guru pengabdian dari MTA Al-Amien sekaligus Mahasiswa di Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan (IDIA) berhasil membanggakan almamater dengan meraih juara I dari 9 peserta 30 Juz tingkat ASEAN (Tiwi Alawiyah) dan juara I dari 14 peserta 30 Juz tingkat Nasional (Zaffan Haidar).

Di samping itu Zaffan Haidar selama enam tahun menjadi santri di MTA Al-Amien memang sudah memiliki kelebihan tersendiri dalam menghafal Al-Quran. “Dia itu, selama menjadi santri memang sudah memiliki kemampuan tersendiri dalam bidang menghafal Al-Quran. Ketika santri dia sepertinya tidak memiliki waktu khusus menghafal, tapi hafalan Al-Qurannya berbeda dari pada yang lain,” ungkap Aby Khatfah, salah seorang guru MTA Al-Amien.

Adapun Dewan Hakim yang terlibat dalam MHQ ke-5 2019 berjumlah 28 orang dari lembaga-lembaga yang ditetapkan oleh pantia, Perguruan tinggi Ilmu Al-Quran (PTIQ) Jakarta,  Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) Jakarta, Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran (LPMQ) Kemenag RI,  Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) DKI Jakarta, Jamiyyatul Qurra wal Huffazh (JQH), yang merupakan para hafidz-hafidzah, para dosen dan pakar ilmu Al-Quran, serta dewan hakim dari Qatar University. (Mudi/AJMI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.