Sel. Mei 28th, 2024

Kegiatan Penanaman Asman Toga oleh Kelompok P2M IDIA: Langkah Pemberdayaan Desa Larangan Luar

2 min read

Peserta Praktik Pemberdayaan Masyarakat (P2M), Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan berhasil penanaman tanaman Asman Toga  Di Desa Baddugan Tujuan dari kegiatan ini tak hanya untuk meningkatkan aset desa tetapi juga memberikan kemudahan bagi produsen jamu tradisional dalam memperoleh bahan baku untuk pembuatan jamu.

Dalam kegiatan ini, berbagai pihak turut serta, termasuk kepala dusun Buddagan 1, ibu kepala desa, kelompok ibu PKK, dan seluruh mahasantri P2M dari Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan. Respons terhadap kegiatan ini sangat positif, terutama dari Ibu Anisa, anggota ibu PKK dan produsen jamu tradisional di Desa Larangan Luar. Ia menyambut baik usulan untuk membudidayakan tanaman Asman Toga ini dan berharap usaha kali ini akan berhasil, mengingat upaya sebelumnya belum membuahkan hasil yang diharapkan.

Namun, kondisi tanaman Asman Toga di Desa Larangan Luar saat ini kurang memadai. Ibu kades mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada mahasiswa P2M karena desa tersebut saat ini tidak memiliki tanaman Asman Toga seperti kunyit, jahe, kencur, dan lainnya. Musim panjang yang panas telah mengakibatkan hilangnya tumbuhan Asman Toga tersebut, yang menyebabkan ketidakpartisipasian desa dalam perlombaan Asman Toga yang akan digelar pada akhir November.

Harapan dari kegiatan penanaman ini sangat besar. Diinginkan agar tanaman Asman Toga yang ditanam pada tanggal 19 November ini dapat tumbuh dengan baik dan menjadi aset yang berharga bagi Desa Larangan Luar. Selain itu, diharapkan juga agar desa ini dapat berpartisipasi aktif dalam perlombaan Asman Toga yang akan datang di akhir bulan November.

Kegiatan penanaman Asman Toga tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi Desa Larangan Luar, tidak hanya sebagai upaya pemberdayaan masyarakat namun juga dalam persiapan untuk ikut serta dalam perlombaan penting bagi keberlangsungan desa pada akhir bulan November.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.