Sel. Mei 28th, 2024

Ciptakan Pembelajaran Interaktif di SD N desa Montok melalui training Ice Breking

2 min read

 Praktik Pemberdayaan Masyarakat (P2M) Institut Dirosat Islamiyah (IDIA) Prenduan sukses digelar pada Rabu, 15 November 2023, di SDN Montok III, Kecamatan Larangan, Kabupaten Pamekasan. Acara ini dihadiri oleh para guru di SDN Montok III dengan narasumber utama, Nyai Syarifah Imran, M.Pd., dan Kak Siti Nur Azizah Bapak Sudiyanto, S.Pd., sebagai moderator.

Kepala Sekolah SDN Montok III, dalam sambutannya, mengungkapkan rasa terima kasih yang mendalam kepada peserta P2M IDIA Prenduan atas penyelenggaraan acara ini yang dianggap luar biasa. Ia menegaskan pentingnya inovasi dalam pembelajaran dan pengembangan ruang kelas yang lebih menyenangkan bagi para siswa.

Nyai Syarifah Imran, M.Pd., sebagai narasumber utama, menjelaskan bahwa ice breaking merupakan sebuah kegiatan yang efektif dalam memecahkan kekakuan siswa melalui aktivitas yang menyenangkan dan penuh motivasi. Tujuannya adalah memberikan semangat baru dan menghilangkan kekakuan seperti rasa jenuh, mengantuk, dan malas dalam proses belajar-mengajar.

Beliau membagikan bahwa konsep ice breaking ini diperolehnya dari berbagai pelatihan, termasuk pengalaman pelatihan selama 3 hari di Jogja dan juga melalui pelatihan online yang membantu dalam merancang aktivitas pembelajaran yang lebih interaktif.

Selama acara, Nyai Syarifah Imran, M.Pd., tidak hanya menyampaikan materi tetapi juga langsung mempraktekkan berbagai metode ice breaking kepada peserta. Salah satunya adalah dengan membagikan kertas berisi pertanyaan kepada kelompok, di mana setiap anggota kelompok bertanya dan menjawab pertanyaan tersebut untuk membangun interaksi yang lebih akrab.

Selain itu, kegiatan di luar ruang kelas seperti permainan angkat bola juga diterapkan dengan tujuan memperkuat kerjasama antar siswa dan mengurangi egoisme di antara mereka.

Acara ini berhasil berjalan lancar dan peserta terlihat sangat antusias dalam menyimak penjelasan serta melibatkan diri dalam berbagai kegiatan yang diselenggarakan. Hal ini diharapkan akan membawa dampak positif dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran di lingkungan sekolah.(HN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.