Sab. Jun 22nd, 2024

Pemimpin Redaksi Radar Madura Sampaikan Teknik Menulis dalam Milad IDIA yang Ke-36

1 min read

Dalam rangka memperingati hari milad yang ke-36 tahun, IDIA mengundang Pemimpin Redaksi Radar Madura, Lukman Hakim AG sebagai pemateri “Coaching Menulis Opini” yang diselenggarakan oleh IDIA Prenduan di Gedung Rektorat lantai III, Rabu (11/09).

Pelatihan kepenulisan ini menurut sekretaris IDIA Prenduan, Amrullah Umar, merupakan salah satu proses penyiapan kader pendakwah dengan tulisan. “Ini momentum yang cukup baik dan harus dipergunakan sebaik-baiknya oleh seluruh peserta acara,” ucap Ustadz Amrullah Umar dalam sambutannya.

Dalam pemaparannya, Lukman Hakim banyak memaparkan sisi praktis dibanding teori. “Karena Anda semua sudah banyak pengetahuan tentang teori, saya akan mengajak Anda untuk bahagia dahulu, kemudian ketika pulang dari acara ini menjadikan Anda mengatakan oh iya ya, sambil merenungi masa lalunya,” ujar Lukman ketika memulai acara.

Dalam materinya, Lukman menyampaikan kesulitan-kesulitan dalam menulis seperti tidak adanya ide yang akan ditulis, sulit dalam memulai tulisan, kehabisan bahan dalam pertengahan menulis, serta kesulitan saat akan mengakhiri tulisan.

“Jika kalian bingung dalam menulis karya tulis, maka mulailah seperti halnya menulis makalah, dimulai dari Pendahuluan, Isi, dan Penutup,” paparnya.

Dalam sesi tanya jawab, Lukman Hakim juga menjawab pertanyaan dari peserta Coaching Penulisan Opini. Diantaranya tentang strategi mengedit tulisan. “Jangan mencoba mengedit tulisan yang belum selesai, karena itu akan menambah kekacauan tulisan,” lanjutnya.

Sebagai closing statement Lukman menyampaikan bahwa “hidup tanpa membaca, sampai mati pun tiada gunanya. Tapi membaca tanpa menulis seperti mendung tanpa gerimis.”(Qanita/AJMI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.