Sab. Jun 22nd, 2024

PSIKOLOGI JUNG SEBUAH BACAAN AWAL

4 min read

Judul Buku      : Psikologi Jung Sebuah Bacaan Awal

Pengarang       : Calvin S. Hall dan Vernon J. Nordby.

Penerbit           : BASABASI

Tahun terbit     : 2018

Tebal Buku      : 262

Peresensi         : Kartini

Psikologi Jung, salah satu tokoh psikologi dengan nama lengkap Carl Gustav Jung dilahirkan pada 26 juli 1875 di sebuah desa kecil di Kesswill di danau Constance di bagian timur laut Switzerland. Masa kecil dengan berbagai keanehan yang diterimanya membuat intelektual Jung sangat berkembang.

Sosok Jung dalam buku ini adalah sosok yang sangat agresif dan komunikatif terhadap keingintahuannya, disebabkan dari sebuah kisah temannya dengan sebuah penyakit yang diderita membuat Jung mencari tahu jawaban jawaban dari pertanyaan yang mengakar, ketika tidak dapat menjawabnya Jung melarikan diri dengan membaca puisi, naskah drama dan sejarah. melakukan diskusi agama dengan sang ayah, perdebatan perdebatan sengitpun di lakukannya. Hal ini mengajarkan pembaca  betapa pentingnya pengetahuan bagi sosok Jung dalam keingintahuan dimasa kecilnya, bisa menjadi tuntunan bagi para pembaca dan kalangan lainnya.

Para remaja umumnya memiliki semangat yang sama seperti Jung namun sebagian dari merekapun hanya memilih diam dari ketidaktahuan ketimbang mencari jawaban jawaban. Pun dalam hal ini menyebabkan anak dengan ketidakpercayaannya akan diserang penyakit neorosis.

Buku ini juga merupakan buku terjemahan dengan bahasa yang digunakan tidaklah sulit untuk siapapun. Telepas dari cerita cerita menarik dari kehidupan Jung yang begitu menakjubkan dan sulit dipercaya buku ini juga tidak jauh dari pembelajaran menarik pada setiap babnya.

Seperti yang kita kenal, psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia. Bahkan mempelajari tentang gejala gejala jiwa manusia. Maka dapat kita simpulkan bahwa psikologi sendiri mempelajari semua tingkah laku dan perbuatan individu manusia temasuk psikologi Jung sendiri. Dalam teori teori terdapat terapi tersendiri berikut dalam setiap tokoh mempunyai ciri khas yang berbeda dan itu juga ada dalam psikologi Jung dengan keunikan keunikan yang dimilikinya.

Setiap orang banyak berubah karena pengalamannya begitu juga dengan sosok Jung dalam buku ini, Jung meraih banyak gelar kehormatan dari sejumlah Universitas yang diantaranya Harvard dan Oxpord. Bahkan Jung bisa menjadi sangat baik dengan waktunya, mengizinkan untuk diwawancara, muncul diberbagai media dan bahkan menerima orang orang dari seluruh penjuru dunia, berbicara dengan bebas tanpa ada satupun yang mempengaruhi. Bagi siapapun kesempatan seperti itu dapat dilakukan. Buku ini juga bisa menjadi terapi dan sikap profesionalitas dari pembaca. Dari Jung, seorang psikiater bisa menjadi professional dan diterima oleh masyarakat dengan baik.

Selain bahasa, narasi dari setiap lembarnya mampu membuat pembaca tertarik untuk terus melanjutkan membaca, tidak perduli suasana lain mengundang dengan kemolekan, buku psikologi Jung ini lebih menarik dari apapun. Bahkan pembaca akan merasa tengah melihat sosok Jung secara nyata karena deskripsi apik oleh sang penulis.

Calvin S-Hall dan Vernon J. Nordby tidak hanya menuntut pembaca untuk membaca dan menyukai buku yang disajikannya, penulis juga menyertakan konsep yang disamping itu diberikan sebuah contoh untuk mendorong pembaca memikirkan sebuah perwujudan perwujudan. Dan dalam dinamika kepribadian Jung dalam bentuk kesadaran proses yang dianutnya disebut dengan individuasi. Individuasi memiliki tujuan menarik yang pembaca bisa telaah sendiri bersamaan dengan hadist qudsi yang artinya “barang siapa mengetahui dirinya sendiri maka akan mengetahui Tuhannya”. Jung juga merupakan orang yang haus akan agama. Maka, pembaca bisa menyimpulkan makna dari individuasi itu sendiri bagaimana.

Dalam buku ini kita juga bisa tahu Jung dan teorinya menguatkan bahwa individu memiliki kelamin yang bertentangan. Laki laki mewarisi citranya wanita dan wanita mewarisi citrannya laki laki. Tak ayal banyak laki laki dan perempuan mengubah dirinya menjadikan lebih bertentangan. Pembaca akan semakin dibuat penasaran dengan pernyataan pernyataan stuktur kepribadian yang dikemukakan Jung . Serta pembaca secara sadar maupun tidak sadar akan melakukan anggukan kepala untuk menyetujui. Penulispun memahami bahwa dinamika kepribadian oleh Jung dalam bagian psike yang relatif tertutup, tidak harus dirisaukan karena penulis tahu bahwa pembaca sering mengalami hal hal yang tidak terduga dan melemparkan pada ketidak seimbangan. Jung berpendapat bahwa ketika seseorang berpendapat maka hal itu mempersepsikan siapa dirinya. Mengapa demikian?

Pembaca akan semakin ditarik kedalam kehidupan kehidupan Jung, penawaran terhadap teorinya tidak mampu ditolak karena pemulihan diri dari metode Jung sangatlah berbeda. Dalam tawaran tawaran menggugah seperti ini apakah pembaca masih mampu meragukan keapikan buku ini? Buku dengan dua pengarang yang sama sama berkolaborasi dalam melakukan penelitian dan analisis mimpi.

Semakin dalam buku ini semakin membuat pembaca tidak ingin lengah sedikitpun. Bahkan yang menjadi keunggulan terbaik dari buku Psikologi Jung terletak pada setiap babnya yang memiliki refrensi refrensi menarik. Pun bebarapa lembar sebelum akhir pembaca akan menemukan saran saran buku bacaan Tentang Jung untuk mahasiswa Jungian, kumpulan karya karya Jung dan dilengkapi dengan indeks pula. Menurut beberapa tokoh literasi buku yang baik ialah buku yang terdapat indeksnya. Lalu saya sebagai salah satu pembaca buku Psikologi Jung menyatakan kepuasan atas hadiah hadirnya buku ini dihadapan saya.

Kartini, Mahasiswi BPI Semeseter VII IDIA Prenduan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.